Pergantian Pasukan Penjaga Istana Balla Lompoa

Sungguminasa, 17 September 2018

Istana Balla Lompoa

Bangunan ini adalah peninggalan sejarah yang merupakan rekonstruksi dari istana kerajaan Gowa yang dibangun pada tahun 1936 oleh raja Gowa ke-31 I Mangngi-mangngi Daeng Matutu. Sekarang bangunan ini tidak lebih dari museum tempat disimpannya benda-benda berharga kerajaan Gowa.

Laskar Makassar

Tapi meskipun begitu, pemerintah daerah setempat masih berusaha melestarikan kebudayaan ini, yaitu upacara pergantian penjaga. Melihat prosesi ini seperti merasakan betapa agungnya kerajaan Gowa dahulu. Seperti petugas keamanan pada umumnya, pasukan ini juga punya jadwalnya masing-masing, dan upacara ini menandakan bergantinya shift mereka.

Upacara Penurunan Bendera

Upacara Penurunan Bendera

Menurut penuturan Andi Jufri Tenribali selaku ahli sejarah, sempat ada kekosongan atau stagnasi adat ini, kurang lebih tiga pemerintahan. Barulah saat ini pemerintah bersedia untuk melestarikan lagi, hanya saja upacara ini bagi warga masyarakat setempat seperti kehilangan wibawanya, dikarenakan kurang peduli, di mana terlihat di beberapa titik lokasi masih ada yang melakukan aktifitas lain selain hormat kepada bendera.

Laskar Makassar

Laskar Makassar

Menurut Andi Jufri lagi, pasukan pelaksana upacara ini terdiri dari pasukan khas Makassar-Gowa, yaitu Laskar Makassar, pasukan pemberani kerajaan Gowa. Alasan kenapa diadakan penurunan bendera merah putih adalah karena secara geografis kerajaan Gowa berada dalam wilayah NKRI.

- Ahmed Sholeh

Top