Trip ke Pulau Kodingareng Keke, Modal 1 Juta! Anti Gagal

Makassar, 2 Januari 2016

Trip To Kodingareng Keke

Happy new year!!! Hahaha... Telat ding! Tahun 2016 diprediksi sebagai tahunnya para traveller, nah seperti saya, seorang yang baru punya rencana buat jadi traveller. Dan destinasi pertama saya diawal tahun ini adalah pulau Kodingareng Keke. Ini sebenarnya impian saya ditahun 2013, tapi baru punya keinginan ditahun 2014, direncanakan tahun 2015, dan akhirnya berangkat awal 2016. Pulau kecil nan indah membentang sepanjang ± 200 m2 dengan pasir seputih mutiara, dan airnya yang sangat jernih. Sangat cocok buat kamu yang hobby snorkling.

Kodingareng Keke

trip to kodingareng keke

Pulau ini masih masuk dalam daerah kecamatan Ujung Tanah, dan berada 14 km dari kota Makassar. Untuk bisa mencapainya, Anda harus ke dermaga Kayu Bangkoa yang ada di Jl. Penghibur sebelah hotel Gapura. Anda harus merogoh gocek senilai Rp. 600rb/12 orang untuk menyewa speed boat berukuran sedang, klo Anda punya kenalan, mungkin harga bisa nego. Perjalanan memakan waktu selama 30 menit, dan saya sarankan Anda berangkat pagi, ketika ombak masih stabil. Perjalanan kali ini cukup menyenangkan, karena saya ditemani oleh rombongan dari teman-teman Indonesia Male Pageant Sulsel.

Pulau ini tidak berpenghuni, meskipun biasanya ada beberapa orang nelayan yang singgah. Ketika saya mampir ke pulau ini, keadaannya bisa dibilang memprihatinkan. Sampah di mana-mana, pohon dan semak-semak banyak yang ditebang, membuat pulau ini kelihatan tandus dari kejauhan. Dan satu hal yang paling menganggu, yakni bangunan rumah yang belum rampung yang benar-benar mengganggu pemandangan. Saya gak sempat ambil gambarnya sih, sayang banget pulau seindah ini harus kotor dan rusak oleh tangan-tangan jahil. Tapi syukur, keindahan panoramanya, pasir putih, dan kegiatan menyelam di laut jernihnya cukup menghibur.

Kodingareng Keke

trip to kodingareng keke

Jagalah Kebersihan!

Di sini tidak ada penjual, jadi Anda harus bawa bekal sendiri. Dan juga jaringan telekomunikasi Anda bakal terganggu karena berada di daerah yang cukup asing. Ada beberapa orang dari pulau sebelah sering datang ke sini untuk menyewakan tenda seharga Rp. 50rb dan alat selam seharga Rp. 60rb. Alat selamnya udah termasuk kaca mata, sepatu selam dan swim suit. Para nelayan juga sering menyewakan speed boat-nya untuk snorkling seharga Rp. 250rb.

Keindahan alam pulau ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto. Hitung-hitung buat nambah koleksi portofolio hehe... Dan juga selain berfoto, teman-teman rombongan Indonesia Male Pageant Sulsel juga membuat dokumentasi singkat kegiatan mereka di pulau ini.

Tips perjalanan:

  1. Bawa sunblock, di sini klo siang panas binggo cuy! Pohonnya kurang, wajar aja klo pulang kulit hidung pada terkelupas.
  2. Patungan buat ke sana, biar harganya bisa nego. Klo bisa, rayu aja pemilik speed boat-nya hehe...
  3. Sediakan semua ransum, dan keperluan masing-masing.
  4. Berangkat pagi, klo sore ombaknya greget cuy!
  5. Ini yang paling penting, bawa plastik besar untuk nampung sampah. Yup, meskipun di sana udah tersedia tempat pembakaran sampah, tapi alangkah baiknya klo kita nyadar buat menjaga. Jagalah kebersihan.

Total biaya:

  • Transportasi : Rp. 600rb/12 orang
  • Sewa tenda : Rp. 50rb
  • Sewa alat selam : Rp. 60rb/orang
  • Sewa speed boat snorkling : Rp. 250rb/sampai puas

Total Rp. 960rb sekali perjalanan.

- Ahmed Sholeh

Top