Aktifkan Javascript!!!

Tradisi Maulid Salabose - Ahmed

Ahmed

Writer, Traveller, and Videographer

Tradisi Maulid Salabose

Diterbitkan tanggal

Poralle, 12 Desember 2016

Ekspedisi: 011. Tradisi Maulid Salabose

Sebelumnya, kita sudah membahas sedikit seluk beluk terbentuknya wilayah mandar. Ada satu hal lagi yang menjadi simbol, betapa istimewanya wilayah Salabose. Yaitu perayaan maulid nabi Muhammad SAW. Salabose menjadi wilayah pertama yang wajib merayakan acara tersebut, malah ada aturan tertentu, jika ada wilayah lain di mandar yang mendahului Salabose dalam perayaan maulid, maka akan kena "sanksi".

Tiang Tiri

tradisi maulid salabose

Bisa dikatakan, Salabose ibarat daerah istimewa Jogja-nya Sulawesi Barat. Di wilayah inilah titik awal perjuangan syech Abdul Mannan dalam menyebar ajaran Islam di wilayah mandar, sekaligus menjadi pencetus wilayah mandar itu sendiri bekerja sama dengan raja Banggae saat itu. Dan maulid adalah simbol seremonial untuk mengenang masa keemasan itu, bahkan hingga kini, masyarakat merayakannya sudah bukan untuk mengenang, tapi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat mandar sendiri.

Selamat Datang di Bumi Assamalewuang

tradisi maulid salabose

Benda yang paling mencolok saat perayaan maulid adalah tiri dan galuga beserta asesorisnya yang penuh blink blink itu. Tapi tiri tidak sekadar tiang loh guys, banyak makna filosofisnya. Hiasan warna warni dari kertas yang berkilauan itu diibaratkan hiasan duniawi yang membutakan mata hati, jangan terpancing jika ingin selamat. Susunan tiri sampai bertingkat-tingkat juga bermakna nominal tertentu. Kumpulan kayu gantungan telur diibaratkan sebagai manusia yang berkumpul bersama untuk suatu urusan, sebagai simbol gotong royong. Untuk lebih jelasnya, silahkan nonton video di atas.

Partisipan Pappatamma

tradisi maulid salabose

Al quran adalah warisan Rasulullah yang harus dipelajari hingga akhir zaman. Tidak peduli berapapun umur Anda. Para pappatamma dalam maulid kali ini cukup antusias, dan hal ini juga yang menjadikan perayaan maulid menjadi lebih berwarna. Menamatkan Al quran sama dengan mempelajari seisi dunia, itu sebabnya pappatamma diperlakukan layaknya raja, diberi kendaraan berupa kuda, dituntun, didoakan, dan berbagai macam keistimewaan lainnya.

Tari Tradisional Kontemporer

tradisi maulid salabose

Acara semeriah maulid salabose juga diwarnai beberapa hiburan musik dan tari. Salah satunya yang dibawakan oleh sanggar Kaka'u Management. Inti dari maulid adalah untuk menyatukan masyarakat dari berbagai elemen, dan dari berbagai wilayah yang hadir sebagai bentuk kebersamaan dan persaudaraan. Tanpa sadar, masyarakat Salabose sendiri masih mewarisi kekompakan yang dibawa oleh nenek moyang dulu. Tanpa perintah, mereka kompak mengadakan agenda tahunan ini sebagai bentuk kesyukuran atas segala nikmat Ilahi.

- Ahmed Sholeh

comments

Comments