Ahmed

Writer, Traveller, and Videographer

Sokola Kaki Langit: Back To Umpungeng

Diterbitkan tanggal

Umpungeng, 8 Februari 2019

Sokola Kaki Langit. Tidak ada yang menyangka bahwa dunia pendidikan hari ini bisa sangat bergeser aplikasinya. Biasanya kegiatan belajar mengajar berlangsung tatap muka. Tapi karena plandemi yang melanda dunia, salah satu kegiatan fundamental itupun harus beralih ke dunia maya. Ada beberapa pengecualian sih, misalnya kegiatan sosial dan relawan yang berlangsung di wilayah kurang teknologi seperti ini. Dan Sokola Kaki Langit adalah satu dari ribuan komunitas yang menjawab tantangan itu, dengan bergerak ke pedalaman, memenuhi kebutuhan manusia Indonesia akan pentingnya sila ke-5 Pancasila.

Sokola Kaki Langit

Kegiatan mereka kembali ke Umpungeng diibaratkan sebagai kembalinya mereka ke titik nol, titik awal dari perjuangan Sokola Kaki Langit itu sendiri. Dimana mereka akan tinggal dan berbaur di wilayah ini sambil berusaha menambah wawasan anak-anak sekolah dasar di sini. Bonusnya adalah kesejukan dan kepuasan yang dirasakan dari hati terdalam sebagai manusia yang mampu untuk saling berbagi. Komunitas ini juga sering membuka lowongan bagi siapa saja yang ingin jadi relawan. Silahkan kepoin sosmed mereka yah!

Sokola Kaki Langit

Wilayah Umpungeng sendiri adalah salah satu wilayah yang lumayan terisolir, berada di pinggiran wilayah Soppeng, diapit oleh rimbun hutan dan gunung. Diberi julukan "the real Center Point" karena keberadaannya yang tepat di tengah-tengah Indonesia. Sulitnya akses teknologi dan transportasi, menjadikan wilayah ini seperti kurang dikenal oleh "manusia modern" saat ini. Kecuali, kegiatan relawan melibatkan fotografer dan videografer yang dimana tugasnya meliput sekaligus menyebarluaskan kebaikan para relawan lewat lensa dan ketikan jemari.

Sokola Kaki Langit

Umpungeng Aerial View

Cara terbaik untuk mendidik seseorang adalah dengan membuatnya dekat dengan alam. Dan cara terbaik untuk mengenalkan alam adalah lewat visual, seperti video yang saya buat diatas, di awal tulisan ini. Besar harapan agar jangkauan pendidikan bisa lebih luas bahkan ke wilayah yang tanpa teknologi sekalipun. Dan semoga manusia bisa lebih menganggap alam sebagai sahabat lebih dari sekadar tempat hidup dan berjalan semata.

- Ahmed Sholeh

Video Dokumentasi

Music by

Richard Bass - Everywhere (Lesh Remix)

comments

Comments