Ahmed

Digital Nomad

Ekspedisi: 020. Pendakian Gunung Batukaru via Pujungan

Diterbitkan tanggal

Gunung Batukaru. Definisi menantang diri sendiri menurut saya adalah pergi ke tempat asing sendirian. Setidaknya itu yang sedari awal saya niatkan. Jujur aja ada sedikit kekesalan dengan orang-orang yang tidak bisa menentukan sikap untuk diri sendiri, termasuk dalam hal tujuan jalan. Pendakian kali ini berawal dari janji di whatsapp, tapi tidak satupun menyahut untuk berkemah. Maka saya putuskan untuk berangkat sendiri. Setelah hari H barulah ada yang sepakat berkemah di puncak Batukaru. Saya bersyukur ternyata Tuhan masih sayang sama saya, dan tidak membiarkan saya pergi sendirian. Ternyata jalurnya rumit dan panjang. Bisa dipastikan saya bakalan hilang bila nekat pergi sendiri. Jadilah kami bertujuh menelusuri jalur Pujungan.

Desa Pujungan

Desa ini letaknya hampir di tengah-tengah Bali, masih di wilayah Tabanan, wilayah yang menawarkan sensasi hutan lebat. Untuk ke desa ini gak sulit-sulit amat kok, naik motor dengan durasi 3 jam hingga ke start point. Waktu itu gak ada yang jaga pos pendakian, jadinya kami gak tau berapa simaksi atau tiket masuk. Kami pun sepakat untuk patungan biaya seikhlasnya. Lebatnya hutan di sini dan banyaknya percabangan harus menjadi pertimbangan. Soalnya udah banyak kasus tersesat dan hilang. Makanya wajar jika warga sekitar menawarkan jasa guide. Terlebih lagi jalur Pujungan ini terbilang panjang, jadi persiapkan diri Anda untuk perjalanan yang melelahkan. Hutan di sini tergolong hutan hujan tropis, dan waktu itu kami hujan-hujanan, makanya jalurnya sangat licin. Ditambah kabut yang muncul menjelang malam.

Puncak Batukaru

Gunung Batukaru adalah gunung tertinggi kedua di pulau Bali setelah Gunung Agung dengan ketinggian 2.276 mdpl. Gunung Batukaru merupakan gunung berapi tidak aktif, terletak di Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali, Indonesia. Puncak-puncak gunung yang berada di Bali, hampir semua disakralkan dan menjadi tujuan persembahyangan umat Hindu, termasuk juga di puncak Gunung Batukaru, pada puncak gunung Batukaru terdapat sebuah pura bernama Pura Pucak Kedaton.

Aerial view Batukaru

Aerial view Batukaru

Lahan di puncak cukup luas, bisa muat sekitar 50 tenda. Tapi harap diperhatikan ada juga beberapa titik yang tidak boleh jadi tempat mendirikan tenda karena dianggap tempat ibadah. Jika pagi hari biasanya akan kabut hingga menjelang agak siangan. Makanya disarankan untuk tidak terburu-buru turun, sekitar jam 9 pemandangannya bakalan terbuka. Panoramanya instagramable banget pokoknya.

Group photo on top of Batukaru

- Ahmed Sholeh

Video Dokumentasi

Music by

Maiga - Vincenzo
Be Still the Earth - A Whisper

Comments