Aktifkan Javascript!!!

Epic Sunrise on top of Mount Prau - Ahmed

Ahmed

Writer, Traveller, and Videographer

Epic Sunrise on top of Mount Prau

Diterbitkan tanggal

Wonosobo, 6 Juni 2021

Gunung Prau via Wates. Mendaki gunung-gunung di Jawa adalah cita-cita yang sudah lama tertunda. Udah bikin list panjang gunung mana aja yang bakal didaki, tempat wisata mana yang bakal didatangi. Dan sama seperti pendaki santai pada umumnya, saya bukan hanya mencari tantangannya, namun juga pemandangan matahari terbit dan terbenamnya. Satu-satunya tantangan yang menurut saya cukup berat, adalah jarak dari Denpasar ke Wonosobo sekitar 700 km dan memakan waktu kurang lebih dua hari naik motor.

Sunrise Gunung Prau

Sunrise Gunung Prau

Seorang teman merekomendasikan jalur Basecamp desa Wates, katanya jalurnya bagus buat pemula. Yah, benar, jalurnya memang panjang, tapi kebanyakan landai dengan trek yang didominasi akar pepohonan. Menjadikan trek ini sangat sejuk dan sedikit mistis ketika kabut datang. Mungkin karena pengaruh kelelahan, teman-teman memutuskan untuk ngecamp di bukit Rindu saja. Kalaupun mau naik ke puncaknya pun rasa-rasa kurang tepat yah, soalnya puncak di sini berbeda dengan puncak dari jalur Patak Banteng. Waktu itu, kami nanjak pukul 11.00 malam, dan tiba di tempat camping 03.00 dini hari.

Sunrise Gunung Prau

Gunung-gunung lain dari puncak Prau

Kebanyakan orang mengambil gambar gunung lain dari puncak Prau, bukan mengambil gambar gunung Prau itu sendiri. Makanya Anda akan sering melihat gambar-gambar seperti di atas banyak disosial media. Puncak tertinggi Prau 2590 mdpl, dan bukit Rindu tempat kami ngecamp 2565 mdpl. Dikit lagi kan! Tapi cukup di sini saja, viewnya udah cukup epic, pengalaman pendakian yang benar-benar luar biasa.

Simaksi Gunung Prau

Tambah parkir motor Rp. 5K

Mana simaksinya mudah dan murah pula, wajar kalau weekend, pendaki membanjiri gunung ini. Cuma bermodalkan KTP dan surat kesehatan, membayar Rp. 30.000,- untuk sekali pendakian. Fasilitas di basecamp Wates cukup lengkap, toilet, tempat istirahat, warung-warung, dan penjualan souvenir. Di jalur, tepatnya di pos 3 ada pipa air yang dipasang untuk memudahkan pendaki mencari air. Of course, I will recommend this mountain for people who love to enjoy sunrise!

- Ahmed Sholeh

comments

Comments